Hari Ketujuh, Fara Noor Aziza, Tugas Cahaya Ananda

20 01 2019

Hari Ketujuh disiniiiiiiii…

Assalamualaikum warohamatullohi wabarokatuh

Hai,, semuanya, perkenalkan nama saya, Fara Noor Aziza, saya berasal dari IP Tangerang Selatan.

Tugas ini saya buat, untuk memenuhi persyaratan sebagai calon Fasilitator Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch 7 (MIIPB 7)

*

Kembali lagi kita di hari Ketujuh

*

Tugas ini adalah tentang Fitrah Based Education, bagaimana penerapan FBE sehari hari untuk anak anak. Mirip mirip tugas kelas Bunda Sayang yaa, dimana kita diminta dengan sadar untuk mengamati kegiatan anak, dan menumbuhkan keinginan belajarnya sesuai fitrah.

*

I know you know, let discuss

*

Journey : Fokus pada cahaya Ananda

Tujuan : Merasakan pengalaman, mengamati dan mensyukuri fitrah anak

*

Kadang kadang memang, ga ada yang bisa diceritakan sih, tentang case FBE ini, karena memang kadang casenya tidak terjadi setiap hari, setiap momen.

Bisa kita ciptakan, atau let it flow begitu saja

 

Kalo boleh dihari terakhir ini adalah kesimpulan Journey 6 hari yang lalu.

 

Journey : Fokus pada cahaya Ananda

Kalo boleh diibaratkan, kayak kita sholat sehari hari. Seringkali bacaan surat pendek dalam sholat itu adalah Triple Kulhu. Al Falaq, An Nas, Al Ahad. (eh penontooon,, iyya apa iyya niii)

 

Tau ga kenapa hal itu bisa terjadi?

Karena saat kita sholat, kita tidak mempersiapkan dari awal, surat apa yang mau dibaca, di rakaat pertama, di rakaat kedua dan seterusnya. Jadinya kita mengalir begitu saja. Terserah aja, surat yang mengalir di kepala, surat apa, itulah surat yang dibaca

 

Analoginya sama dengan parenting anak.

Jika kita tidak mempunyai visi misi, breakdown jadwal harian, jadwal mingguan, jadwal bulanan. Yang terjadi adalah style parenting kita yaaa begitu begitu aja, mengalir dibawa sama air. Iyya kalo mengalirnya ke sungai yang indah, kalo mengalirnya ke selokan, kan bauuu.

Astagfirullah hal adzieemmm..

Ini ngaca ke diri sendiri banget ni.

 

Itulah yang membuat saya menyenangi bergabung dalam kelas kelas IIP, kita senantiasa di reminder untuk tetap pada tracknya. Di kelas matrikulasi awal, inget tentang visi misi diri, dan keluaarga, tentang kuadran bisa dan tidak bisa, tentang membaca st-30 diri, banyak hal tentang ilmu parenting yang saya dapatkan di IIP ini

Terima kasih IIP yang memberikan tugas untuk mengamati binar binar cahaya anak saya. Yang secara tidak langsung, menjadikan saya tetap fokus, dan selalu diingatkan tentang visi misi diri dan keluargaa

 

#Fitrah-Home based Education
#Training.Calon.Fasil.MIIP#7
#Ibu.Mendidik.dengan.Nurani


Aksi

Information

Tinggalkan komentar