Bekutak Asam Manis ala Chef Faraziza

29 12 2009

waktu : wiken pekan kemaren

tkp : rumah saya, yang daerah tuwowo itu loh, yang deket jembatan suramadu

bareng keluarga besar kebetulan lagi ngumpul di rumah. jadi ini ceritanya ada bulik yang dari Sidoarjo bawa bahan bahan mentah buat dimasak rame-rame. dan ini saya lho, yang masak. dengan segenap kekuatan jiwa dan raga yang saya kerahkan, keringat, darah, air mata (halah!) dan tentunya bantuan dari bulik, bude, dan Ibu… ๐Ÿ™‚

proudly present : Bekutak Asam Manis ala chef Faraziza

ini ya bahan dan bumbu yang diperlukan, serta cara memasak nya:

bahan dan bumbu :

– Bekutak yang dibawain bulik dari Sidoarjo, ehm, kira kira 1 kg lah

– Bawang putih 8 siung dan bawang merah 14 siung

– Laos, secukupnya

– Lombok, sesuai selera

– Daun kemangi, belimbing wuluh, jeruk

– Gula, garam, air secukupnya

Cara masaknya:

Bekutaknya di cuci dulu ampe bersih, kalo ada semacam plastik nya dibuang aja, trus dipotong potong sesuai selera. Bawang putih, bawang merah, lombok, dipotong tipis tipis. Trus laos nya di geprak (apa ya EYD nya?!). pokoknya taulah ya di geprak.

Trus, panasin wajan, tambah minyak. Bawang2an sama laos dimasukkin dulu, ditumis ampe harum. Tambah air secukupnya, masukkan bekutaknya. Dioseng oseng ampe airnya berkurang (kalo kata orang jawa, asat). Masukkan belimbing wuluh sama air jeruknya. Trus kalo air nya udah tinggal dikit, masukkin kemangi. Tambah gula dan garam secukupnya. Jangan lupa dicobain dulu rasanya.

Udah jadi deh. Walopun saya orang nya ndak pintar masak ya, tapi percayalah, yang dipoto itu rasanya enak banget, ada asem manis pedes seger gitu. Kalo kata Pak Bondan – Jalan Sutera, Mak Nyoooooossssss. Don’t try it at home. Doing by professional only.

Happy cooking… ๐Ÿ™‚

nb: dikarenakan banyak yang belum tau bentuk nya bekutak, saya upload deh potonya disini, yaaaa kira kira bentuknya seperti di bawak ini lah. saya juga baru liat bentuknya setelah dibawain bulek, kalo denger namanya sih udah sering, kan rumah saya di TUWOWO deket pantai Kenjeran… ๐Ÿ™‚

*ini dia ni, rekonstruksi gambar tesangkanya, yang dicari banyak orang ๐Ÿ™‚

Iklan

Aksi

Information

19 responses

30 12 2009
Nia

bekutak kuwi opo to far??
sejenis cumi to? *setelah tanya om gugel*
tapi tetep durung tau ngerti.
beda ga sama nus?

31 12 2009
fara

beda mba sama nus, kalo nus itu kecil kecil, trus bentuknya juga beda… ๐Ÿ™‚ tapi masih sodaraan kok…

30 12 2009
cakming

waduh apa itu BEkutak?? baru dengaer saya….

hehehe….

tapi kayaknya enak juga tuh/// ๐Ÿ˜€

31 12 2009
fara

enak cak ming, monggo kapan2 boleh dicobain bekutaknya…

30 12 2009
Anas

Bekutak itu apa mbak?

31 12 2009
wulanekadalu

pertanyaan saya saya dengan yang diatas, bekutak itu apa?? baru denger

31 12 2009
fara

penghuni sby seharusnya udah sering denger ini,,, ๐Ÿ™‚

31 12 2009
nurrahman18

walah, pagi2 bikin ngiler coz lum sarapan (doh)

31 12 2009
fara

@ all, hehe pada ndak tau bekutak ya… bekutak itu bangsa cumi cumian, masih sodaraan sama cumi sotong nus dkk. tau nya waktu itu bulek bawa nya bekutak aja :). kalo cek ke G**nt Hypermart ada kok bekutak, jadi beda ma cumi sotong ato nus. bentuknya lebih besar ma lebih lonjong. cmiiw

@masnurrahman
hehe, ya maap mas, lain kali sebelum blogwalking jgn lupa sarapan dulu ๐Ÿ™‚

1 01 2010
masridwan

wong suroboyo sukanya masak bangsa cumi2-an kudu di-item-in ya?
pantesan istriku yg wong kediri masaknya juga di-item-in segala

salam mbak… dari kops ๐Ÿ™‚

1 01 2010
fara

eh mas ridwan, ketemu disini juga,
iya mas, kalo masak keluarga cumi memang tinta nya ndak di buang, kata Ibu si, itu malah yang bikin enak.. ๐Ÿ™‚
salam juga buat nyonyah ridwan kalo begitu

1 01 2010
chacha

wah mb fara jago masak juga ternyata.
kalo gitu kapan nikah?

4 01 2010
fara

ahhhhh, chacha….
kapan nikah? secepatnya… ^^
mohon doa nya aja ya…

5 01 2010
Jiwa Membumi

apa rasanya itu? pengen nyobaa…

7 01 2010
fara

rasanya enak mas jiwa, coba cari d rumah makan terdekat ๐Ÿ™‚

10 07 2010
menterimasak

wah jadi pengen coba nih….
salam kenal mas…….
mas numpang iklan ya….
http://menterimasakmakanindonesia.wordpress.com

20 08 2014
amirz

bekutak, cumi tapi idup di sungai. enak sih cuma aq ga tahan liat itemnya. ๐Ÿ˜ฎ

20 02 2015
L.C.

Tu gambar nus
Lo bekutak agak bulat
Trus ada kayak perahu di dalam punggungya tintanya lebih item
Kenyalnya mantap lebih mantap dari
Nus. Harga lebih murah

19 08 2016
alltags frisuren anleitung

Ein gutaussehendes Mรคdel bei StudiVZ & Co. kriegt jeden Tag im Durchschnitt bis zu zehn Nachrichten von Mรคnnern die sie kennenlernen wollen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: