Aliran rasa Tantangan Level 1

27 06 2017

Assalamualaikum.

Postingan kali ini adalah aliran rasa selama menjalani tantangan bunsay level 1.

Dari perubahan anak anak

Alhamdulillah anak anak lebih dekat dengan bunda nya. Saya merasa anak anak lebih nyaman dengan saya yang sekarang, yang bisa menjaga emosi.

Dari perubahan diri sendiri

Alhamdulillah saya juga merasa lebih nyaman dengan diri saya yang sekarang. Ga mudah marah, mudah memaafkan kesalahan orang lain, lebih sabar..

Sekian aliran rasa dari saya..

Wassalamualaiku.





Kelas Bunsay Level 1 Day17 Fara Noor Aziza

17 06 2017

Hari ketujuhbelas tantangan : Komunikasi Produktif pada Anak (Intonasi dan suara yang ramah)

Alhamdulillah, hari terakhir wajib lapor untuk level 1.

Perubahan yang saya lakukan di hari ke โ€“ 17

Perubahan yang saya lakukan adalah tetap mempertahankan mengendalikan emosi, serta intonasi dan suara yang ramah.

  • Lebih mengkedepankan nalar
  • Banyak senyum
  • Banyak banyak baca istighfar (pas kebetulan moment nya bulan ramadhan)
  • Banyak banyak tersenyum
  • Mengbil waktu untuk berdiam diri sejenak, saat akan marah
  • Mencoba mengenali penyebab marah biasa nya apa aja, dan menanggulangi dari awal (kalo bisa)

Hal yang menarik pada hari ini

Yang menarik hari ini adalah anak tetangga saya, nama nya Kyna. Nah, hari ini kami maen diluar. Saya ikut main di taman komplek menemani anak anak, Akhtar Abbas.

Sesekali becanda, sambil nyuapin juga (anak anak belum puasa).

Nah, sore ini Kyna, nempel sama saya. Saya merasa, alhamdulillah anak tetangga, nyaman dengan ada nya saya. Mungkin karena saya, menemani anak anak, dengan gembira, tersenyum, sehingga anak tetangga juga merasa nyaman dengan saya.

Dan mas Akhtar, selama 3 hari terakhir, minta di sun sama Bunda nya. Padahal sebelumnya, ga pernah mau yang nama nya di cium pipi. Wallahu alam, apakah ini karena perubahan sikap saya yang semakin lemvut ke anak anak, atau ada alasan lain.

Yang pasti, alhamdulillah saya merasa nyaman dengan perubahan diri saya pribadi.

This is it. Level 1 Day 17

#level1
#day17
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day16 Fara Noor Aziza

16 06 2017

Hari keenambelas tantangan : Komunikasi Produktif pada Anak (Intonasi dan suara yang ramah)

Alhamdulillah, another, hari yang aman. Kalo hari yang aman gini, malah bingung, apa yang mau diceritain yaaa.. Karena berasa tidak melakukan praktek komunikasi yang produktif pada anak.

Alhamdulillah mengendalikan emosi dan intonasi yang ramah, seperti menjadi kebiasaan sekarang, alhamdulillah.

Dan anak anak bersikap baik dan nyaman seharian. Saya membersamai mereka seharian, harus nya banyak kemungkinan yang membuat saya naik emosi, alhamdulillah aman aja.

Saya merasa nya anak anak senang, dengan perubahan bunda yang lebih baik. Dan saya pribadi, juga, nyaman dengan diri saya yang sekarang, yang tidak mudah terpancing emosi nya, alhamdulillah.

This is it. Level 1 Day 16

#level1
#day16
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day15 Fara Noor Aziza

15 06 2017

Hari kelimabelas Tantangan : Komunikasi Produktif pada Anak (Intonasi dan Suara yang ramah)

Hari ini, alhamdulillah suasana anak anak, aman terkendali, suasana hati emak nya juga terkendali. Walaupun selama ramadhan, Abi nya, malah lebih sibuk dikantor.

  • Pulang nya lebih malam dari biasa nya, karena sekalian sholat isya atau sholat tarawih
  • Abi banyak acara bukber di kantor (gratisan, tapi enak enak dan ditempat yg mihil mihil, emak nya iri, hihihi)

Ini komunikasi produktif coyy.. bukan curhatan emak emak, yang kepengen bukber di tempat aneh aneh, hihihi..

Ok ok, back to topick

Hal yang menarik pada hari ini

Eemmm ga ada yang menarik sih. Maksutnya ga ada yg bisa membangkitkan emosi, emak, hehehe. Anak anak anteng, maen bombik dan belajar baca dari flash card suku kata.

Diusahakan suasana belajar, layak nya maen. Karena saat mas belajar baca, adek malah nimbrung dengan maen kereta.

Alhamdulillah hari ini happy, aman terkendali.

This is it. Level 1 Day 15

#level1
#day15
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day14 Fara Noor Aziza

15 06 2017

Hari keempatbelas tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (Intonasi dan Suara yang Ramah)

Waahhh.. mepet posting yang day 14, ampe kelewat jam 1 malem, hihihi..

Soalnya hari ini lumayan seger. Udah direncanakan akan posting malam. Karena alhamdulillah beberapa hari ini, tidak ada hal hil yang menyebabkan emosi marah, atau harus meninggikan suara ke anak, sehingga tidak menggunakan intonasi dan suara yang ramah.

Hal yang menarik pada hari ini
Karena anak anak aman aja, jadi bingung mau nulis apa. Pas sore sore menjelang berbuka, baru ada kejadian seger.

Ini hasil karya nya anak anak, ditinggal bunda nya sebentar dikamar sebelah, untuk tilawah, ngejar setoran tilawah di bulan ramadhan.

Nah ini teh, anak anak maen berdua, di kamar. Begitu selese main, mas Akhtar nyamperin.

  • Bunda pasti marah, aku kangen bunda marah.
  • Kenapa nak?
  • Kamar nya hancur bun. Berantakan
  • Ooooo gapapa (ini alhamdulillah, saya beneran udah ga ada keinginan marah, biasa aja, udah pasrah, hihihi. Berantakan ya diberesin, gitu aja)
  • Kok bisa ini mas, kayak gini berantakan?
  • Aq main restoran restoran an, sama adek, tapi pake makanan beneran. Jadi berantakan. Harus nya pake makanan bohongan ya bun? Pale balok aja?
  • Oooooo maen restoran, bagus itu.
  • Pake balok, boleh. Pake makanan beneran boleh, asal makanannya dimakan, bukan dihancurin kayak gini. Kasihan makanan nya kalo dihancurin, dibuang buang kayak gini.
  • Bunda, hukum mas akhtar sama adek yaa.. Bukan karena maen restoran, tapi karena buang buang makanan yang harus nya bisa dimakan.

Akhir nya dihukum lah mereka berdua, ngadep tembok kayak gini, selama 10 menit. Ini pertama kali nya mereka dihukum, bukan karena main restoran, tapi karena buang buang astor.

Dan ini pertama kali nya, mereka saya hukum seperti ini. Karena jujur bingung, mau diapain ya anak anak. Saya memang tidak marah, tidak emosi, bahkan sepanjang percakapan, saya lakukan dengan intonasi lembut dan ramah. Tapi saya merasa harus memberitahu anak anak, bahwa tindakan mereka salah, bagian membuang makanan. Boleh main restoran, dengan makanan beneran, tapi ya harus dimakan, bukan dibuang buang.

5 menit pertama mas akhtar nangis, hihihi. Aku ga mau dibawa ke kantor polisi bun. Bukan sayang, hukuman nya, ga dibawa ke kantor poliso, mas akhtar sama adek, duduk 10 menit hadap tembok, mas renungkan, kalo buang makanan itu, ga baik mas.

Alhamdulillah setelah nya, aman, karena memang ga dibawa ke kantor polisi, kayak yang ditakutin mas akhtar, hehehe.

Aq ga akan mengulangi lagi, bun, buang buang makanan. Besok main restoran, makanan nya tak makan sama adek.

Iyyaa bunda tau mas akhtar anak baik, anak sholeh. Makasi yaa mas, sudah mau, tidak buang makanan lagi.

This is it. Level 1 Day 14

#level1
#day14
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day13 Fara Noor Aziza

13 06 2017

Hari ketigabelas tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (Intonasi dan Suara yang Ramah)

Perubahan yang saya lakukan di hari ke – 13

Alhamdulillah saya sudah mulai berubah, dari ibu ibu pemalas, menjadi ibu ibu yang perhatian terhadap anak. (Ini menurut penilaian saya pribadi yaa..)

Satu minggu sebelum ramadhan sampai sekarang, saya dan suami berkomitmen untuk no gadget, no tivi, no laptop. Ya ini, adalah beberapa hari yang kelewat, nonton youtube di laptop bareng (dengan ditemani).

Dan untuk case intonasi dan suara yang ramah, jujur hari ini, rada rada, hampir saja, kelepasan. Tidak dengan intonasi ramah, tapi masih belum marah (menurut saya, lagi)

Hal yang menarik pada hari ini

Hari ini saya main sama anak anak seharian, menyenangkan loh, main sama anak seharian. Sesekali, alhamdulillah, karena 2 anak cowo, beda usia 15 bulan, jadi nya mereka bisa, sebentar, ditinggal asyik maen berdua. Sedangkan bunda jemur baju, angkat jemuran, lipet lipet pakaian, bebersih rumah.

Satu hal yang saya pelajari hari ini. Yaitu, tetap menjaga perut anak anak kenyang. Niscaya anak anak akan aman bermain seharian.

2 minggu terakhir ini, anak anak, terutama Abbas, bisa makan 4-5 kali porsi besar tiap hari. Di postingan belakang pernah saya cerita tentang ini. Alhamdulillah sekarang menyiapkan makan anak anak yang sampai 4-5 kali, lebih selow. Yang penting saya ndak memaksa anak untuk makan, tapi mereka yang pengen sendiri.

This is it. Level 1 Day 13

#level1
#day13
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day12 Fara Noor Aziza

12 06 2017

Hari keduabelas tantangan : Komunikasi Produktif pada Anak (Intonasi dan Suara yang Ramah)

Perubahan yang saya lakukan di hari ke – 12

Saya jadi senang menulis laporan kayak gini. Jafi menikmati, semacam me time gitu. Mencurahkan segala isi dihati. Dalam menulis juga, menghindari menuliskan yang galau galau. (Ketauan ga ya, kalo sekarang lagi galau, hehe)

Yang penting menulis setiap hari. Kalo disini, sayaerasa tidak memyuruh orang untuk membaca catatan saya tentang anak anak. Kalo di facebook atau instagram, rasa nya malu kalo dilihat orang, kayak semacam woro woro ke orang gitu. Kalo blog ini, paling yang dateng orang nyasar, hihihi.

Inti nya, perubahan yg saya lakukan sejauh ini, yaitu yaaaa membuat laporan ini setiap hari, menyenangkan, bagi saya. ๐Ÿ™‚

Hal yang menarik pada hari ini

Hari ini kami ke Living World. Ada space world dari kardus gitu. Bayar 35 ribu/anak. Pendamping bayar 15 ribu.

Ke living world hari ini, membantu mencerahkan hati nya anak anak. Karena, tadi cuma ada 4 orang yang masuk arena nya, jadi berasa kayak punya tempat mainan pribadi.

Untuk tantangan melembutkan suara dan intonasi yang ramah, alhamdulillah tetap terjaga. Karena anak anak, seharian juga, mood nya terjaga dengan baik.

This is it. Level 1 Day 12

#level1
#day12
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip