Kelas Bunsay Level 1 Day11 Fara Noor Aziza

11 06 2017

Hari kesebelas Tantangan : Komunikasi Produktif pada Anak (Intonasi dan Suara yang Ramah)

Setelah kemarin, alhamdulillah, bisa melewati tantangan Mengendalikan Emosi. Tantangan selanjutnya yang saya pilih adalah tentang Intonasi dan Suara yang Ramah.

Menurut saya, ini level lebih tinggi lahi dari mengendalikan emosi. Kemarin sih, salah satu cara agar bisa mengendalikan emosi, adalah dengan banyak tersenyum. Nah udah sejalan dengan tantangan hari kesebelas.

Inget inget rumus 7-38-55. Saat kita berbicara dengan lawan bicara kita, ada beberapa hal yang mempengaruhi penyampaian maksut kita, ke lawan bicara:

  • 7% suara saat berbicara
  • 38% intonasi suara
  • 55% bahasa tubuh

Perubahan yang saya lakukan di hari ke – 11

Mencoba belajar untuk lebih melembutkan suara, setiap kali berbicara dengan lawan bicara, terutama dengan suami dan anak anak. Dengan disertai gestur tubuh yang baik.

Gestur tubuh yang baik, untuk anak anak, yaitu 

  • mengusahakan kontak mata
  • mengusahakan muka bertemu muka, satu level. Jadi kalo berbicara dengan anak anak, diusahakan untuk jongkok
  • Sambil ada sentuhan saya, disentuh tangan, diusap kepala.

Itu diatas si, yang direncanakan. Doakan saya berhasil yaa. Sampai 10 hari kedepan.. ๐Ÿ™‚

Hal yang menarik pada hari ini

Hari ini, Abbas sedikit tantrum. Dia mendadak minta liat laptop. Padahal, sudah sejak, 1 minggu sebelum ramadhan, kami (saya dan suami), menckba untuk no gadget buat anak anak, termasuk laptop, tivi, hape.

Alhamdulillah, tantangan mengendalikan emosi, masih bisa diterapkan. Dan memberikan pengertian, laptop nya internet nya mati, dengan setuhan, belaian, senyuman.

Kalao pake jurus saya, ada lagu nya sendiri, cuma keluarga kami aja yang tahu kayak nya, hehehe.

Sayang sayang sayang, sayang adek sayang, sini adek, disayang bunda sini dek. Laptop nya ga bisa ya nak.

Alhamdulillah berhasil. Abbas tidak merajuk tantrum lagi, dan mau pindah mainan kereta api gandeng.

This is it. Level 1 Day 11

#level1
#day11
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day10 Fara Noor Aziza

10 06 2017

Hari kesepuluh Tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (Mengendalikan Emosi)

Perubahan yang saya lakukan di hari ke – 10

Yeaayyy final day. Akhir nya menuntaskan komitmen mengendalikan emosi, sampai hari ke – 10, tanpa pindah ke challenge yang lain. Tujuan nya biar bener bener expert gitu rasanya.. ๐Ÿ™‚

Perubahan yang saya lakukan adalah serangkaian proses dari hari 1, bahkan mungkin sebelum ada tantangan ini. Sebelum ada tantangan selewat selewat gitu aja. Mengendalikan emosi sih, tapi kelepasan dikit gpp, hehehe. Setelah ada tantangan, bener bener, dijaga emosi.

Apa yang saya lakukan dari hari 1 – 10 :

  • Memperpanjang nalar, bener bener inget banget, tempelin di jidat. Nalar nya harus panjang.
  • Saat saat emosi berasa mau naik, mengambil waktu untuk, istighfar, ta’awudz, dan diam, gigit lidah, biar ga marah, hehehe. Jangan lupa tarik nafas dalem dalem
  • Mencari tahu, apa aja si, yg biasa nya bisa memancing emosi
  • Mencari jawaban. Setelah tau, masalah apa aja yang, biasa nya memancing emosi, kita selesaikan masalah itu. Case nya ada dipostingan sebelum nya yaa…

Doa saya, semoga istiqomah. Dan next lanjut ke tantangan selanjutnya..

Hal yang menarik pada hari ini

Nah, ini, ada hal yang menarik, yang biasa nya memancing emosi, tapi alhamdulillah, sekarang bisa lebih seloww..

Jadi Abbas beberapa hari ini, termasuk tadi pagi, minta nambah makan, lumayan sering.

Pagi, sudah makan, yang menurut saya, porsi nya sudah cukup banyak. Nasi, telor, sop. Setengah jam kemudian, minta makan lagi. Bun, adek laper, belum makan bun, mau makan lagi, laper. (Intonasi nya kayak anak ga pernah dikasih makan gitu, hehehe)

Biasa nya saya tolak. Menurut saya, lhah wong barusan makan nasi porsi gede, kok minta makan nasi lagi. Dan posisi nya adalah, mereka main kereta keretaan, bunda nya nemenin sambil leyeh leyeh, karena merasa tugas nemenin makan anak udah selesai, ganti nemenin maen, sambil leyeh leyeh. (Ibu pemalas, hehehe)

Tapi sekarang jurus nya. Ya udah, saya turutin aja. Selama masih dalam batas wajar. Dan itu hal yang baik. Mungkin memang, cuaca nya lagi dingin, jadi gampang laper. Atau kebanyakan maen di luar, lari lari, sepedaan, atau lagi growth spurt (bener ga ya ni, nulis nya, hehe).

Mungkin menurut kita, mereka udah kenyang kayak nya, tapi sebenernya belum kenyang. Alhamdulillah, anak bisa mengutarakan keinginannya. Asal baik, dan masih wajar, dituruti aja. 

Bismillah, banyakin stok sabar nya, panjangin nalar nya, kurangin rasa malas bunda nya.. ๐Ÿ™‚

This is it. Level 1 Day 10

#level1
#day10
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day9 Fara Noor Aziza

9 06 2017

Hari kesembilan Tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (Mengendalikan Emosi)

Perubahan yang saya lakukan di hari ke – 9

Waahh ga nyangka bertahan sampai hari ke-9. Hari ini lanjutan dari hari kemaren, saya sudah menyiapkan pernik anak anak selama liburan di rumah.

Anak saya seperti nya cenderung mudah bosan dengan aktivitas dalam rumah. Jadi setelah mainan kereta, pindah mainan balok, pindah petak umpet, pindah sepedaan.

Hari ini kami bikin puding, saya bagian masak di kompor. Mas Akhtar, bagian tuang puding panas, di cup cup puding. Sudah lebih ahli, karena ini sudah yang ke 6 atau 7, kesempatan yg saya berikan. Biasa nya Akhtar juga membantu kupas telor. Abbas yg tidak terlalu suka urusan rumah. Akhtar yg semangat sekali.

Jadi di hari ke 9 ini. Saya ingin mengulang materi matrikulasi, melihat potensi anak anak. Apa yang anak saya suka dan tidak suka.

Alhamdulillah, proses nya berjalan tanpa emosi. Anak anak terasa lebih nyaman dengan bunda nya yang tidak emosi.

Hal yang menarik pada hari ini

Tadi pagi Abbas makan sendiri, saya siapkan makanan di mangkuk kaca. Nah, dia ingin memindahkan sendiri, mangkuk dari meja dapur ke meja makan. Kuah nya tumpah.

Biasa nya anak anak akan tanya : Bunda marah?

Alhamdulillah ini ndak nanya lagi. Bun, tumpah, di lap ya bun? Ambil lap. Di lap di lap.

This is it. Level 1 Day 9

#level1
#day9
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day8 Fara Noor Aziza

8 06 2017

Hari Kedelapan Tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (Mengendalikan emosi)

Perubahan yang saya lakukan di hari ke-8

Satu hal yang saya pelajari hari ini. Selain menjaga emosi ke anak anak. Ada cara lain, yaitu menjaga emosi anak anak itu sendiri. Beberapa hari kemaren saya amati, hal hal apa saja yg memancing emosi saya, yang dilakukan oleh anak anak :

  • Tantrum, saya pelajari, saya inget inget lagi. Tantrum nya kenapa yaa..
  • Mainan, masukin rel kereta ga bisa. Nah, berarti saya harus mengasah life skill anak, dalam memasang rel kereta
  • Rebutan mainan, nah berarti harus, ada role play yg jelas, sebelum bermain bersama
  • Bangun tidur, ga ngeliat bunda nya, nangis (abbas ni yang masih kayak gini, hihihi)

Nah, itu sih yang saya pelajari hari ini, insya allah lebih didalami lagi besok.

Hal yang menarik pada hari ini

Nah hari ini tuh, saya menyiapkan diri, untuk main seharian dengan anak anak. Karena 2 anak saya waktu libur sekolah.

Karena hari ini saya prepare main bareng anak anak. Main balok, main slime, mewarnai, menggunting, main sepeda di luar. Inti nya saya benerin nempelin mereka seharian. Karena sedang tidak puasa, dan kemaren seharian, saya sudah beberes rumah yg lumayan paripurna, jadi hari ini saat nya berantakin rumah, hehehe.

Jadi tantangan hari ini bisa selesai, bukan karena saya menahan emosi ke anak anak. Tapi karena saya menjaga emosi anak anak baik seharian. Emosi anak anak baik, emosi saya juga baik. Happy Children, Happy Mommy..

This is it. Level 1 Day 8

#level1
#day8
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day7 Fara Noor Aziza

7 06 2017

Hari Ketujuh Tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (Mengendalikan Emosi)

Perubahan yang saya lakukan di hari ke – 7

Subhanallah yaa. “Apakah manusia mengira mereka akan dibiarkan mengatakan : kami telah beriman, sedang mereka belum diuji?” (Surat Al Ankabut : 2-3)

Pas banget, ayat diatas sama keadaan saya hari ini, hehehe. Perasaan baru day 6, kemaren. Saya merasa, seolah olah udah lumayan mengendalikan emosi ni. Eh hari hari ini diuji sama Allah.

Cerita nya gimana? Kita simak di paragraf bawah yaa.. Apa yang saya lakukan, saat menghadapi ujian? 

  1. Panjangkan nalar
  2. Banyak banyak istighfar, dan baca ta’awudz (audubillahi minasy syaiton nirojiim)

Hal yang menarik pada hari ini

Jadi saya fikir kemaren sudah lumayan tenang. Ini tadi nemenin maen anak anak. Udah mau maghrib, waktu nya buka puasa. Saya sedabg ga puasa, anak anak juga enggak. Tapi karena udah mau maghrib, saya biasakan anak anak untuk masuk ke rumah.

Nah, Abbas nya ga mau masuk. Masih mau maen ke rumah. Masih tenang, negosiasi negosiasi, minta beli jajan dulu, di TOKOPEDIA, baru mau masuk rumah.

TOKOPEDIA. Yes, he mention Tokopedia. Oke, naik motor bertiga, bunda, mas, adek. Saya arahkan ke Alfamart A biasa nya, ga mau. Oke, masih waras saya, hahaha. Pindah ke Indomart B, ga mau juga. Oke, kita turutin aja. Pindah ke Alfamart C, ga mau, begitu saya mau belok ke Alfamart C, Abbas duduk di depan, pegang spion deket stir, ngebanting stir, ke arah berlawanan saya belok. Hampir saja mau jatuh. Hehehe.

Pokok nya aku mau di tokopedia.

Tarik nafas, banyak baca istighfar sama ta’awudz. Alhamdulillah berhasil ga marah.

Diskusi sedikit. Tokopedia itu, bukan toko offline, cuma bisa beli nya di hape aja. Kalo adek, mau beli jajan, kita ke Indomart B, jangan dibanting lagi setir nya, bisa jatuh. Kalo adek ga mau kita pulang. (dengan nada, kembut, dan senyum)

Akhir nya mau ke indomart B, tanpa argumen lagi. Hampir saja itu, beneran mau esmosi diri. Karena mau jatuh, dibanting setir nya. Alhamdulillah, masih dalam perlindungan Allah.

This is it. Level 1 Day 7

#level1
#day7
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day6 Fara Noor Aziza

6 06 2017

Hari Keenam Tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (Mengendalikan Emosi)

Perubahan yang saya lakukan di hari ke – 6

Alhamdulillah memasuki hari yang keenam.

Eemm perubahan yang saya lakukan, mencoba untuk konsisten, bersabar, banyak senyum, banyak baca hal hal yang positif. Karena kalo kita baca berita negatif, tentang apa aja, ternyata ngaruh ke mood kita loh, ngaruh ke mood saya maksut nya.. ๐Ÿ™‚

Jadi saya ngerasa kalo mood saya jelek, karena berita negatif. Maka saya jadi gampang kepancing emosi nya. Apalagi ini awal saya PMS, jadi hormon perempuannya lagi naik turun.

Hal yang menarik pada hari ini

 Alhamdulillah saya merasa, dengan tantangan 10 hari menahan emosi, saya lebih tough, menghadapi anak anak.

Jadi cerita, Akhtar tantrum. Dia bangun tidur, trus langsung minta main di luar, saya temenin. Oke saya temenin.

Trus saya pengen masuk ke rumah, ga boleh sama Akhtar. Saya bilang, mau pipis nak. Ga boleh sama Akhtar. Lalu terjadi lah episode tantrum, setelah sekian lama ga tantrum.

Saya mikir ni dalam hati. Waahh ini ujian saya ni, bisa ga pass ini ujian, biar bisa naik level selanjut nya, hehehe.

Alhamdulillah, karena, saya nya masih berusaha mencoba melatih mengkedepankan nalar. Jadi nya, saya ngadepinnya kalem aja. Semua pertanyaan tantrum nya, saya jawab dengan santai, dan saya tunggu sampe mas Akhtar nangis dan tantrum nya selese.

Alhamdulillah, berhasil menangani tantrum nya Mas Akhtar tanpa bentakan dari saya. Biasa nya saya bentak sedikit gitu, udah selese tantrum nya. Tapi menyisakan hati mas Akhtar yg terluka. Ini tadi, tantrum nya tanpa bentakan sama sekali dan ending tantrum nya mas Akhtar senyum seneng. Alhamdulillah.

This is it. Level 1 day 6

#level1
#day6
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Kelas Bunsay Level 1 Day5 Fara Noor Aziza

5 06 2017

Hari Kelima Tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (Mengendalikan Emosi)

Sudah masuk hari kelima, setengah perjalanan ke Barat mencari kitab suci, halah.

Perubahan yang saya lakukan di hari ke-5

Saya lebih tenang, saya merasa lebih sabar, alhamdulillah. Tapi saya ingin menyempurnakan ikhtiar mengendalikan emosi saya, sampai 10 hari, biar mantap belajar nya, biar excellent. hehehe ๐Ÿ™‚

Hal yang menarik pada hari ini

Pagi ini mandiin mas Akhtar, mau berangkat sekolah. Kami mandi cepet. mandi cepet berarti, mandi, ga pake berendam di ember air dulu. Kalo mandi sore, anak anak saya bebaskan sambil bermain dan berendam di kamar mandi.

Dan mandi cepet, pagi ini mas Akhtar, masih negosiasi pengen berendam di ember. Dengan kesepakatan bersama, berendam di ember nya sampai hitungan angka ke 30. Hitung hitung, sekalian belajar menghitung angka 1 – 30.

Nah biasanya, saya udah mulai mau emosi aja. Kan cepet cepetan ya, biar ke sekolah nya ga telat. api alhamdulillah pagi tadi, aman dikendalikan emosi nya, saya tunngguin, kami hitung angka 1 – 30. Mas Akhtar minta nambah ngitung sendiri 1 – 30, boleh monggo. Intinya membuat pagi hari aman dan menyenangkan.

Alhamdulillah, semoga bisa istiqomah. Aamiin

This is it. Level 1 day 5

#level1
#day5
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip