Kelas Bunsay Level 1 Day4 Fara Noor Aziza

4 06 2017

Hari Keempat Tantangan : Komunikasi Produktif Pada Anak (mengendalikan emosi)

Sudah masuk hari keempat. Alhamdulillah. Bismillahi rohmani rohim

Perubahan yang saya lakukan di hari ke-4

Kali ini bukan ke perubahan yang saya lakukan. Tapi perubahan sikap saya, saat ada anak yang cranky (rewel). Eh, setelah difikir kok sama sama aja ya, perubahan yang saya lakukan juga. Ya begitulah pokoknya.

Jadi begini cerita (hiiii.. kayak awalan cerita story horor, jaman dulu) (apasih)

Seminggu terakhir saya merasa anak anak semakin kooperatif dengan saya, semakin sayang, nempel ke saya, sekaligus mandiri di saat yang bersamaan. Tapi kemaren sore, saya lupa alesannya kenapa. Mas Akhtar, rewel ga jelas. Ooo sek sek sek, ta inget inget dulu. Seinget saya, selepas sholat ashar, kami mau pergi ke daerah BSD. Abi nya anak anak pengen menu buka puasa Mie Titi, di daerah BSD. Nah, karena rada jauh, kami naik mobil. Sedangkan mas Akhtar ini, pernah ada kejadian khusus, naik mobil, karpet mobil habis kena air hujan, jadi nya bau banget. Nah begitu, mas Akhtar, naik mobil, muntah di mobil, karena bau karpet mobil yang ga enak banget.

Pas kita mau berangkat mas Akhtar nya rewel. “Aku ga mau naik mobil, mau nya naik motor aja”. Ditangani sama Abi nya, tambah rewel menjadi jadi, hahaha. Kadang kadang anak anak deket banget sama Abi nya, tapi sering nya kayak musuhan sama Abi nya, hahaha.

Nahh, pas momen itu banget, udah mau emosi aja ni. Tapi otak saya, tiba tiba, mengenali bahwa saya lagi mau emosi. Posisi saya di dalam rumah, mas Akhtar rewel yang ditangani Abi nya diluar rumah.

Nahh, lagi, otak saya, tiba tiba muter lagi. “Eh, Lu lagi mo marah ni. Jangan marah, jangan marah, panjangin nalar, panjangin nalar”. Alhamdulillah ga jadi marah, beneran. Jadi kayak diotak itu, spelling doa, ya Allah, jangan marah, jangan marah, nyante, calm, tenang.

Dan pada akhir nya, Abi berhasil nenangin mas Akhtar, dengan rasionalitas nya beliau, dan kita jadi berangkat naik mobil.

Semoga bisa istiqomah. Aamiin.

Rasa nya menyenangkan kalo bisa menahan emosi. Kayak, memaksa otak kita harus bekerja. Selain emosi, pasti ada jalan lain, untuk menyelesaikan masalah

Hal menarik yang ada di hari ini

Hal yang menarik.. Ya itu diatas, saya merasa bisa mengenali, saat biasanya, diri saya akan marah ke anak anak. Dan bisa melatih diri saya, untuk tidak emosi ke anak anak. Yang perlu digaris bawahi kata kata melatih diri saya. Karena saat sekali bisa menahan emosi, bukan berarti sudah berhasil, tapi merupakan latihan, di kawah candradimuka kehidupan yang fana ini, hehehe.

Insya allah kedepan, pasti akan ada lagi ujian ujian kehidupan, utama nya bab menahan emosi ke anak anak. Doa saya sama Allah. Astaghfirullah hal adziem. Semoga istiqomah ya Allah, saya dijadikan pribadi yang lebih baik lagi setiap hari nya. Aamiin Aamiin Ya robbal alamin.

This is it. Level 1 day 4

#level1
#day4
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

