Nice Home Work #7 IIP Tangsel Fara Noor Aziza

11 03 2017

*TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF*

Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7. Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar.

Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping.

Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman tulis di NHW#1 – NHW #6
Semua ini ditujukan agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.

πŸ€ Ketahuilah tipe kekuatan diri (strenght typology) teman-teman, dengan cara sbb :

1⃣masuk ke www.temubakat.com

2⃣isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional
jawab Questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya

3⃣Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini.

fara_iip1

fara_iip2

fara_iip3

 

Hasil nya, dibahas dari potensi Kekuatan saya :

  1. Ambassador : Senang bersahabat, senang melayani, dan bertanggung jawab
  2. Caretaker :Dapat merasakan perasaan orang lain baik sedang gembira maupun sedang sedih
  3. Commander : Berani menghadapi orang secara empat mata, keras kepala, berani mengambil alih tanggung jawab
  4. Communicator : Senang mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana menjadi menarik
  5. Designer : Memiliki sifat analitis dan banyak idea
  6. Educator : Selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang
  7. Server : Suka melayani orang lain dan mendahulukan orang lain.

Dari keseluruhan, sebagian besar cocok dengan apa yang saya rasakan, dan apa yang menjadi diri saya akhir akhir ini.

  1. Saya pribadi juga merasa senang bersahabat. Senang bertemu dengan orang yang baru. Karena ingin membentuk pribadi yang ramah. Ketemu dengan keluarga teman kantor suami, selalu berusaha untuk bersahabat. Senyum duluan, walopun lawan bicara kita tidak senyum. Alasan utama nya sebenarnya yaa.. Mata saya minus (kanan – 2, kiri – 1.75). nah saya pribadi sebener nya kurang nyaman pakai kacamata, berasa kecantikan saya tertutupi gitu (halah), berasa kalo pas foto lebih fresh yang ga pakai kacamata.. hehehe. Alhasil, kalo tidak pakai kacamata, saya tidak bisa melihat dengan jelas, raut muka orang, dari kejauhan. Jadi saya berazzamkan siri, pokoknya kalo ngelihat orang yang sekelebat saya kenal, maka saya otomatis senyum duluan. Dan saya kok merasakan (apa ini cocoklogi dengan hasil yang diatas ya, wallahualam), saya merasakan kalo saya menjadi pribadi yang lebih ramah dengan orang baru, lebih bersahabat, lebih terbuka, lebih ceria. Dengan memaksakan satu kebiasaan baru yang positif, akhir nya menjadi kebiasaan yang memang bagus untuk jiwa saya. (halah, jiwa, hehehe)
  2. Dapat merasakan perasaaan orang lain. Ini betul juga. Utamanya aura suami kalo pulang, ada masalah di kantor, liat mimik muka nya ada yang berubah, berarti ada beberapa masalah di kantor. Atau muka nya anak anak, ekspresinya saat ada sesuatu yag kurang menyenangkan. Karena memang mata kita itu, kadang berbicara banyak, tanpa perlu kita jelaskan kepada kita. Liat mimik muka dan mata nya, saya kok berasa (apa roso rosonen yaa), kita bisa lihat apakah orang itu suka atau tidak dengan kita, apakah orang itu senang, sedih, ga punya duit, banyak utang, jomblo, halah.. Walopun kalo kita melihat ekspresi muka orang, yang tidak suka dengan kita, (menurut kita), maka yang harus dilakukan adalah bersikap positif, jangan jangan memang kita yang salah membaca ekpresi orang. Intinya kalo liat muka orang, terasa dia suka sama kita (itu betul, 100%, hahaha), kalo muka nya ga suka sama kita, itu otomatis salah, hahaha, lakukan evaluasi, perbaiki diri, lebih ramah lagi, sampai muka orang itu jadi suka sama kita..
  3. Berani menghadapi orang secara 4 mata, keras kepala, berani menghadapi tanggung jawab. Kalo yang ini, iya diri saya banget. Saya tuh orang Surabaya, lahir dan besar di Surabaya, kota yang keras dan panas, (opo hubungan ne, hehehe). Sifat utama saya mungkin dulu ini. Nah, setelah saya mencoba mengenal Islam lebih dekat, merasa kok saya juga ga boleh terlalu keras, terlalu berani. Jadi akhwat harus kalem gitu, hehehe. Tapi belajar menjadi seseorang yang lebih kalem, lembut, nada bicara yang sopan, intonasi suara lebih rendah, tanpa meninggalkan sikap berani karena benar (patokannya agama). Intinya, saya lebih suka dengan orang yang bilang, fara kamu a b c d, langsung dihadapan saya (karena saya anggap itu masukan untuk perbaikan diri saya yang lebih baik), daripada orang yang tidak suka dengan ide saya, tapi manis di depan saya, lalu dibelakang saya membicarakan saya. Berasa ga gentle gitu. Berasa dirumpiin, digosipin. Dan saya beberapa kali mengajak orang yang salah faham dengan saya atau ide saya (dimana orang itu ga berani ngomong langsung ke saya), langsung saya ajak ngobrol 4 mata, untuk mengkonfirmasi, menjelaskan secara langsung kepada orang tersebut, biar tidak terjadi salah faham lagi.
  4. Senang mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana menjadi menarik. Ini juga merasa salah satu sifat saya. Bagian menyederhanakan sesuatu yang rumit. Mampu menjelaskan yang rumit menjadi menarik dan sederhana. Ngasih arah alamat rumah, patokan, ancer ancer dengan benar, selamat sampai tujuan.
  5. Memiliki sifat analitis dan banyak idea. Saya juga merasa senang untuk menganalisa, hal a terjadi karena b, maka evaluasi yang harus saya lakukan untuk diri saya adalah ini. Suka evaluasi diri sendiri juga, untuk menjadi orang yang lebih baik
  6. Selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang. Ini juga sesuai, saya suka membantu orang lain belajar, mengajar orang dengan ilmu yang saya punya. Dan bahagia banget, kalo orang tersebut bisa menguasai ilmu yang saya ajarkan
  7. Suka melayani orang lain dan mendahulukan orang lain. Ini juga sesuai, saya orang nya ngalahan sebenernya, ga masalah kalo saya ngalah, asal ga dibuat kalah kalahan. Misalnya antri makan makanan enak gratis, saya terakhir ga masalah, kalo pun abis ya bisa beli yang lain.

Panjaaaaang bener, ngerjain tugas, sekalian curhat ni. Ini mah cocoknya dibaca pak suami ya, istri mu seperti ini loh pak orang nya. Alhamdulillah kami berdua, selama ini bersikap saling terbuka, di rumah tangga. Jadi kayakΒ  nya memang beliau (suami) sudah tau, kalo ini sifat sifat istrinya…

Buat memastikan, nanti suruh baca ulang deh.

Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran

Kuadran 1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA

Kuadran 2 : Aktivitas yang anda SUKA tetapi andaTIDAK BISA

Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA

Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

farara

Alhamdulillah, selesai sampe nhw 7. Semoga nhw 1-7 ini bisa sebagai sarana untuk mengenal diri lebih baik, untuk memfokuskan pada hal hal yang lebih baik.

Ini closing nya kurang gimana gitu. hehehe. aneh

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: