Nice Home Work #6 IIP Tangsel Fara Noor Aziza

5 03 2017

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu :

RUTINITAS
Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita ‘Merasa Sibuk’ sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :

 Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting.

Aktivitas penting :

  1. Diri sendiri : memperdalam ilmu agama, memperbanyak ibadah
  2. Keluarga : Menemani dan mendidik anak, serta mendampingi suami
  3. Sosial : berbuat baik ke sesama dan tetangga, ikut rombongan sedekah

Aktivitas tidak penting :

  1. Buka sosial media : fb, instagram, liat barang diskonan market place
  2. Maen game
  3. Malas, malas ngapa ngapain.

 Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

Sejauh ini mencoba untuk menjadi pribadi yang selalu memperbaiki diri. Mencoba menjadi lebih baik tiap hari nya. Mencoba memperbanyak porsi untuk aktivitas penting.

Untuk aktivitas penting, sejauh ini, selalu diutamakan, mungkin persentase nya 75% untuk aktivitas yang penting. Dan angka ini, alhamdulillah membaik, dari hari hari sebelumnya. Selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari.

Untuk aktivitas tidak penting. Kadang kebablasan. Misal untuk buka market place untuk cari diskonan, kadang jadi pembenaran, semoga bisa memberikan waktu tertentu, maksimal untuk liat marketplace 30 menit setiap hari.

Untuk maen game sudah lama tobat, berhenti, uninstall game di hape. Sudah 3 kali tomat (tobat kembali kumat). Semoga yang terakhir ini benar benar tobat. Maen game boleh, untuk sesekali refreshing, tapi bukan yang getol banget seperti dulu.

Malas. Lhah ini, malas adalah musuh terbesar saya. Semoga selalu istiqomah untuk menghadapi kemalasan saya pribadi. Wadah dan lingkungan yang baik, seperti ikut pengajian secara fisik maupun online, ikut IIP, ikut kelas olahraga, kelas bercocok taam, lingkungan yang positif, menjadikan saya pribadi yang bersemangat dan mengurangi kemalasan.

 Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time (misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh – jam 07.00 – jadwal dinamis, memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi sampai 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

jadwal-hari-hari

Untuk hari Sabtu dan Minggu agenda nya berbeda, lebih banyak waktu untuk keluarga, bersosialisasi dengan tetangga dan teman, untuk memperdalam ilmu agama, mengikuti kajian dkk.

Semoga berkah dan semoga bisa istiqomah untuk dilaksanakan. Aamiin.

 

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: