Kok MEROKOK

31 07 2010

Alkisah di sebuah pabrik rokok terbesar di Indonesia, Gudangnya Garam. Bercakap-cakaplah seorang pegawai pabrik rokok dengan owner nya. Pembicaraannya bertema seputar rokok. Pegawai pabrik rokok sedikit heran, karena teryata eh ternyata owner Gudangnya Garam yang sangat kaya raya, ternyata malah tidak merokok sama sekali.

Pegawai : “Bapak, kenapa kok Bapak tidak merokok sama sekali?”

Owner : “Lhoh, memangnya kenapa?”

Pegawai : “Kan bapak pemilik Gudangnya Garam, kenapa malah tidak merokok?”

Owner : “Itu di bungkus rokok kan ada tulisannya: Merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, impotensi, gangguan kesehatan dan janin. Ngapain saya merokok kalo bisa jadi penyakitan.”

Owner : “Percuma jadi orang kaya kalo kena kanker, penyakit jantung, apalagi impotensi.”

Pegawai : “Lhah, kenapa bapak bikin pabrik rokok?”

Owner : “Rokok itu dibikin hanya untuk orang orang yang GA BISA BACA aja..!!!”

***

Alkisah lagi ni, ada seorang laki laki, sebutlah namanya Joko. Pada suatu hari Jumat, Joko yang seorang muslim, bersiap siap untuk sholat jumat. Joko sudah mempersiapkan dua lembar uang, di masukkan dalam saku kantong yang berbeda, satu lembar nominal 1.000 di kantong kanan, dan satu lembar nominal 10.000 di kantong kiri.

Karena kecapean bekerja, Joko menyimak khutbah sholat Jumat dengan sedikit terkantuk kantuk, menyangga kepala dengan tangan, mencoba menjaga posisi badan biar tidak terjatuh. Selesai sholat jumat, masih menyisakan sedikit kantuk.

Joko keluar dari masjid, tidak lupa memasukkan uang ke kotak amal masjid, lalu masih sembari menguap sana sini, Joko menuju ke warung di depan masjid.

Sesampainya di depan warung.

Joko : “Bu, beli rokok Gudangnya Garam 1 bungkus”

Ibu Warung : “Bentar, mas Joko”

Ibu Warung mengambil kan rokok Gudangnya Garam

Ibu Warung : “Ini mas, rokok Gudangnya Garam”

Joko : “ASTAGHFIRULLAH HAL ADZIEM…”

Ibu Warung : “ Lhoh, kenapa mas Joko”

Joko : “Saya salah masukkin uang di kotak amal buuu….!!!!!”

***

Coba ayohh kita itung – itung, berapakah uang yang dikeluarkan oleh mas Joko, untuk membeli rokok selama satu tahun:

Kalo satu hari satu bungkus, dengan budget kira kira Rp. 10.000, maka yang sudah dikeluarkan untuk rokok adalah 360 x Rp. 10.000 = Rp. 3.600.000 (TIGA JUTA ENAM RATUS RIBU) untuk satu tahun

Kalo untuk sedekah di kotak amal masjid, dengan budget kira kira Rp. 1.000 untuk setiap minggu selesai sholat jumat di masjid adalah 48 x Rp. 1.000 = Rp. 48.000 (EMPAT PULUH DELAPAN RIBU) untuk satu tahun

SATU TAHUN: ROKOK vs SEDEKAH = Rp. 3.600.00 vs Rp. 48.000

*

Semoga, kembali bisa menjadi pengingat untuk semuanya, pengingat untuk diri sendiri juga.

Iklan

Aksi

Information

56 responses

31 07 2010
●●●ЄЯШЇЙ●●●

emang kadang kita nggak terlalu memperhatikan hal-hal seperti itu. kalo dihitung2, banyak sesuatu yang kita buang untuk hal2 yg tidak bermanfaat drpd untuk tabungan akhirat

14 08 2010
fara

iya mas, untuk tabungan dunia atau investasi kita suka sisihkan
tapi untuk tabungan akhirat, kadang kita lupa 😦

31 07 2010
Goda-Gado

itu si Joko ingin bersedekah kpd karyawan2 Gudang Garam agar ttp bs bekerja di Gudang Garam…
jd mereka tdk nganggur…

gitu….

14 08 2010
fara

ooo gitu toh..
analogi yang bagusss
:hammer: :hammer: :hammer:

31 07 2010
Kang Abid

sepakat! daridulu saya paling benci sama rokok adn orang2 perokok…

14 08 2010
fara

hanya ingin memberikan sedikit gambaran dari sudut pandang yang lain untuk perokok 🙂

31 07 2010
chacha

merokok dapat menyebabkan kematian, satu batang rokok memperpendek umur selama satu minggu…

14 08 2010
fara

uang rokok bisa dipergunakan untuk yang lain, cha 🙂

31 07 2010
onqie

lumayan ceritanya om ..
sedooot…
mohon ijin berdakwah ..

14 08 2010
fara

monggo monggo silahkeun 🙂

31 07 2010
tunsa

merokok mati…
nggak merokok juga mati…
lebih baik merokok sampai mati…

hehe…itu kata ahli rokok, aku sich nggak ikut2an, :mrgreen:

14 08 2010
fara

wah tanda tanda tunsa juga ahli rokok ni 🙂

1 08 2010
Asop

Sip, Mbak, saya suka banget postingan ini, saya pembenci rokok. 🙂

Suka banget ama yang pertama, pinter banget!! 😆

Perihal sedekah, saya rasa seikhlasnya diri masing2… Gak bisa dipaksakan. 😀 Orang biasanya kalo lagi rejeki banyak ngasihnya banyak, kalo seret ngasihnya dikit bahkan gak ngasih.

14 08 2010
fara

berarti asop ndak ngerokok kan yaa
good job, i like it 🙂

iya masalah sedekah ndak bisa dipaksakan, cuma mau memberikan gambaran aja, tentang sedekah dan uang yang dikeluarkan untuk merokok 🙂

1 08 2010
isdiyanto

mulai sekarang STOP MEROKOK . . . . .

14 08 2010
fara

sipppp STOP MEROKOK…!!!

1 08 2010
lampudanmentol

Salam Kembali kerana sudah lama menyepi… singgah lah semula ke blog saya

Saya seorang yang tidak merokok…. oleh demikian yang terhindah dari perkara diatas yang disebutkan itu…

14 08 2010
fara

iyaaa saya sudah lama menyepi ini
and i’m back 🙂

2 08 2010
loewyi

Alhamdulillah untungnya aku gak merokok mbak….
memang apa enaknya meroko, bener tuch kata si owner pertama udah jelas – jelas Merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, impotensi, gangguan kesehatan dan janin eh tapi masih tetep aja merokok…. parah – parah…. yang salah disini siapa coba si owner apa si konsumen hayo…. :mrgreen:

14 08 2010
fara

dan menyalahkan siap siapa lukman,,
it just a joke 🙂

3 08 2010
ayya

di sini hrg gudangx garam 2×8 Rp.11rb. lmyn uangx buat beli gula sekilo, daripada uangx dibakar

14 08 2010
fara

sebentar sebentar
2 X 8 bukannya Rp. 16 ribu yaaa 🙂

3 08 2010
fety

cowok yang tidak merokok itu lebih ganteng dan kelihatan lebih muda 🙂
*penilaian diri sendiri :)*

14 08 2010
fara

menurut saya si, juga gitu 🙂
semoga nanti punya suami yang ndak perokok juga 🙂

5 08 2010
Bee'J

alhamdulillah, aku tidak merokok… 😀

14 08 2010
fara

alhamdulillah saya juga ndak merokok 🙂

6 08 2010
wulanekadalu

wah lucu2,,jd hanya buat orang2 ga bisa baca ya rokok itu :))
tp klo ada yg sampe benci perokok berlebihan ga sih? asal ngerokoknya ga ditempat umum sih gpp 😀

14 08 2010
fara

saya si ndak benci juga, adek saya ngerokok, cuma ya itu pengen nya masih bisa tetep ngingetin supaya dikurangi rokoknya kan ndak baik untuk kesehatan juga..
bener jangan ditempat umum, kasihan pun kalo ada ibu ibu atau anak kecil nya 🙂

6 08 2010
ok

haghaghaghag…eleh bisa aja mbak fara 😉 smoga cukup menyentil u/ lebih bisa membelanjakan uangnya lebih bijaksana dibanding u/ rokok

14 08 2010
fara

iyaa
sbagai pengingat untuk bisa mengurangi rokok bagi perokok 🙂

8 08 2010
Nia

Neng Fararaaaa… ayam komiiiiing… ^^ (ga ada yg ngundang juga yak, hehehehe)

Huwahahaha…ngakak nia, tp dalem banget yak. Jadi inget kata mas piul, uang 20rb kalo di mall keliatan kecil banget tp kalo di masjid keliatan gede banget.
Lebih gampang nyisihin uang buat rokok dibanding buat mesjid

14 08 2010
fara

Mbak nijaaaaa yuhhuuuuuuu

iya mbak e, belajar buat latihan sedekah juga, memberikan yang terbaik dari diri kita untuk Allah 🙂

9 08 2010
Bibi Titi Teliti

Untuuuuuuuung aja abah gak ngerokok….hihihi…

14 08 2010
fara

Alhamdulillah kalo gitu tehhhhhhhh 🙂
nanti mau cari suami yang ndak ngerokok juga deh 🙂

9 08 2010
Surya

aku dulu perokok berat mbak… amhamdulillah 2 tahun terakhir dah stop total… dulu punya banyak rencana untuk berhenti merokok, gagal terus, ternyata kalau mau berhenti merokok itu gak usah direncanain, tp lsg aja action.. lebih berhasil

14 08 2010
fara

ditulis dong kisahnya mas surya, biar bisa jadi inspirasi buat temen2 lainnya
adek saya juga perokok, saya ndak berhenti ngingetin juga 🙂

9 08 2010
Anex curut

mas joko beli rokok sebungkusnya setahun sekali jadi cuma 10rbu.hehhehe

14 08 2010
fara

hehehe beneran gitu mas joko??

10 08 2010
Pakde Cholik

angan m erokok lho nduk, gak apik.
pakde sih dah terlanjur…
salam sayank dari Surabaya

14 08 2010
fara

jangan banyak banyak pakdhe ngerokoknyaa
saya ngingetin karena saya sayang pakdhe jugaaaa 🙂

salam sayang buat keluarga Surabaya 🙂

10 08 2010
advertiyha

untung saya bisa baca.. 😛

14 08 2010
fara

alhamdulillah saya juga bisa baca mbak 🙂

10 08 2010
Masda

Waduh ane udah terlanjur jadi perokok… 🙂

14 08 2010
fara

hayooo masda, jangan banyak banyak rokok nya 🙂

13 08 2010
FiyaFiya

Ya ampun mas Joko Mas joko.. Ckckck. Minta dijewer kupingx. lol

Hm,
Bner bget. Mer0k0k tU MEmiskinkan diri tp entah knpa bxk yg g sdar..

14 08 2010
fara

Ayoooo fiya, mas joko nya di jewer sana

kalo gitu kita juga bantu ngingetin fiya, di inngetin dg cara yg sopan juga 🙂

17 08 2010
kangmas ian

alhamdulillah saya g merokok far 😀

11 10 2010
fara

saya juga ndak ngerokok kang ^_^

26 08 2010
jalu

mantab jaya 😆

11 10 2010
fara

semangat..!!! ^_^

7 09 2010
Lucky dc

Makanya mulai sekarang sadarlah para perokok, wong yang pnya pabriknya aja gak ngerokok 😛

11 10 2010
fara

yupp bener mas lucky ^_^

17 09 2010
Goda-Gado

Far..

Schatzi

11 10 2010
fara

ada apa toh mbakyu ^_^

10 11 2010
eko

mantap tulisannya, untung saya ga merokok.. salam kenal

20 08 2014
amirz

gpp lah hak tiap manusiam. lagian aku cuma mild. jadi hidup masih lebih awet hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: