Indah nya meminta maaf dan memaafkan

17 06 2010

Malam ini, sempat mendengarkan Radio MQ FM Bandung 102,7. Bisa di streaming kok, dari kota mana aja. Iya bener itu radio yang sering ada tausyiah pengingat banyak hal. Dan tema tadi malam adalah minta maaf dan memaafkan.

Ada beberapa kasus yang diceritakan:

  1. Kisah tentang anak yang sombong, karena tidak mau minta maaf kepada orang tuanya. Sampai sampai Allah mentakdirkan sesuatu, yaitu usaha anak tersebut gagal total, padahal sebelumnya usaha nya sukses, lancar, dan berhasil. Barulah si anak menyadari, setelah orang tua nya meninggal. Yang pada saat itupun, beliau belum meminta maaf kepada orang tuanya. Ngeri banget, astagfirullah.
  2. Istri yang membantah kepada suaminya. Karena, istrinya tidak bisa ridho dan ikhlas dengan penghasilan suami yang pas pasan. Sampai pada akhirnya sang istri mempunyai pria idaman lain. Dan Allah pun mentakdirkan cobaan di dunia dengan penyakit yang tidak berkesembuhan, sampai akhirnya kematian menjemput istri.

Astagfirullah hal adziem, Astaghfirullah hal adziem. Semoga fara dan kita semua tidak termasuk kedua jenis golongan orang tersebut. Belajar menjadi selalu ikhlas, belajar meminta maaf dan belajar memaafkan.

Karena jarang sekali ada orang yang bisa belajar rendah hati untuk bisa meminta maaf kepada orang lain. Terlebih orang yang lebih tua kepada yang lebih muda, lebih penguasa kepada Β bawahan, astaghfirullah.

***

Eemm, saya mau nulis surat dulu ke orang tua. Tiap hari sudah sms dan telpon telponan si, tapi lagi pengen merasakan romantisme klasik dengan berkirim surat.

Surat yang berisi tentang permintaan maaf saya yang terdalam, atas segala salah yang telah saya lakukan, atas segala harapan yang belum terkabulkan, atas segala senyum yang terabaikan, atas segala panggilan yang kadangkala terlalaikan. Astagfirullah hal adziem. Astagfirullah hal adziem. Mohon ampun, mohon maaf, Ayah Ibu sayang. ^_^

Fara sayang sanget, kalih Ayah Ibu. ^_^

***

Tidak lupa, fara minta maaf kepada semua teman teman yang tersakiti oleh perkataan, oleh perbuatan, oleh permintaan aneh aneh, oleh sikap yang tidak sesuai, oleh terhapusnya akun ym untuk sementara. Fara mohon maaf yaa, semuanya. ^_^

***

Allah pasti selalu mengampuni hambanya yang benar benar senantiasa mau bertaubat. Setiap anak adam pasti pernah berbuat dosa, dan sebaik baiknya manusia adalah yang bertaubat atas kesalahan tersebut

***

Hayo hayo, mari kita meminta maaf dan memaafkan. Dan bertobat dengan sungguh sungguh atas setiap kesalahan, memulai segala sesuatu yang baru. Karena Allah mencintai orang orang yang bertaubat dan mensucikan diri Β ^_^

Iklan

Aksi

Information

57 responses

18 06 2010
Ifan Jayadi

Mengerikan juga ya bu cerita diatas. Mudah2an kita semua bisa terhindar dari perbuatan sedemikian

18 06 2010
fara

iya mas ifann,,
semoga kita benar2 terhindar,,
blog nya mas ifan ga bisa dibuka euy,, kan kan pengen silaturahim kesana,,

18 06 2010
loewyi

Wuih……. Saya minta maaf juga mbak kalo sebelum2nya udah banyak salah. :mrgreen:

18 06 2010
fara

sama sama lukman
fara minta maaf juga yaaa ^_^

18 06 2010
kang ian

makanya jangan mbantah saya y far..nanti kamu dosa hahaha

18 06 2010
fara

oooo ini kayak kasus pertama yaa
anak yang ndak mau minta maaf k orang tuanyaa :p
maaf ya bapak ^_^

18 06 2010
cempaka

hahha.. udah bapak2 y ^^

22 06 2010
kang ian

saya masih muda kali..paling banter dipanggil om πŸ˜€

==
Parodi Ujian Semester

Kematian Pengantin Palestina

1 07 2010
fara

om udah punya anak berapa, om? πŸ˜€

18 06 2010
Goda-Gado

istrinya tidak bisa ridho dan ikhlas dengan penghasilan suami yang pas pasan.

>> siap km gitu Far?? gajiku pas2an lho

Fara sayang sanget, kalih Ayah Ibu.
>> bosone wagu.. 😐

lagi pengen merasakan romantisme klasik dengan berkirim surat.
>> emang pernah kirim2an surat ?? :-/

ngapusi ah..
aq pernah kirim surat nggo kowe to?
kok rung dibalesi yo?

mari kita meminta maaf dan memaafkan. Dan bertobat dengan sungguh sungguh atas setiap kesalahan, memulai segala sesuatu yang baru. Karena Allah mencintai orang orang yang bertaubat dan mensucikan diri
>> kudune ki mari kita maaf memafkan dan minta maaf krn Allah Maha Pemaaf, Allah mencintai oranmg yg memberikan maaf.
ngono lagi nyambung
:p

(*Pokoke waton suloyo)

18 06 2010
fara

busett ada yang curhat gitu disini :p

>> siap km gitu Far?? gajiku pas2an lho
siap, insya allah, kalo punya suami (belum tentu kowe lho!) yang berpenghasilan cukup, asalkan halal gajinya. daripada penghasilan banyak tapi uang yang ndak halal.

>> bosone wagu..
ora ngerti wagu iku opo. emang bahasanya kaya gitu, percampuran suroboyo solotigo

>> emang pernah kirim2an surat ?? :-/
pernah, dongg, sering bahkan, sama Ayah Ibu. Eh, surat yang itu wajib di balas yaa, hehehehe. Ya wes akan disiapkan balasannya.

>>kudune …..
siap, makasi koreksinya..

iki wae wes koyo kirim2an surat πŸ˜€

18 06 2010
fara

oiaaa, minta maaf ya pak, buat semua kesalahan ^_^

18 06 2010
cempaka

yg no 1.. syerem amat mbak …..

1 07 2010
fara

iyaaa, cempaka semoga ndak termasuk yang mana mana ya πŸ™‚
maaf maaf sering banyak salah dan geje πŸ™‚

18 06 2010
Asop

Wah Mbak, dari Surabaya bisa ya, radio MQ? πŸ™‚

Hiks… πŸ˜₯
Kesalahan saya juga banyak Mbak…. Maapken yo.. πŸ˜₯

1 07 2010
fara

bisa asop di streaming via inet
saya juga Asop, maafin semua kesalahan yaaa πŸ™‚

18 06 2010
mila

Yoook saling memaafkan….

mba fara maafkan yah bila saya ada salah

1 07 2010
fara

yukkkkk
fara juga minta maaf ya mila, buat semua kesalahan πŸ™‚

19 06 2010
ariefien

saling memaafkan memang indah…
semoga kita slalu ikhlas…

1 07 2010
fara

amin amin mas arifien
maafin semua kesalahan yaaa πŸ™‚

19 06 2010
ada akbar?

yang memafkan lebih dahulu akan lebih mulia ,daripada yang diberi maaf .. πŸ™‚

19 06 2010
mas arif

maaf maafan walaupun belum lebaran πŸ˜€

1 07 2010
fara

iyaa mas ariff,,
sama minta maaf buat semua salah ya mas πŸ™‚

19 06 2010
sunflo

saling memaafkan hati jadi lega rasanya… ^^

1 07 2010
fara

iyaaa mbak floo,,
minta maaf buat semua salah ya mbak
komen yang ndak berkesan, ato kurang silaturahim πŸ™‚

19 06 2010
Bee'J

kalo ada sale-sale kate, maapin aku yaaa πŸ˜€

1 07 2010
fara

iyeeeee same same pak Bijeee πŸ™‚

20 06 2010
Masdin

Yang terasa berat yang mana yah… meminta maaf atau memaafkan?

1 07 2010
fara

dua duanya insya allah terasa ringan masdin, kalo berlatih ikhlas mulai dari sekarang πŸ™‚
minta maaf atas semua salah ya masdin πŸ™‚

20 06 2010
jejak annas

MAAF DAN MEMAAFKAN, MEMANG INDAH. TAPI KADANG SULIT MENERAPKANNYA…. MAAFIN AKU JIKA OPINI SAYA SALAH

1 07 2010
fara

saya juga minta maaf..
yuk belajar maaf dan memaafkan, biar lebih mudah penerapannya.. πŸ™‚

21 06 2010
ahsanfile

Jujur saya akui, memafkan orang yang bersalah agak susah,
walau mulut sudah mengucapkan maaf, tetapi tetep aja hati punya catatan tentang orang itu. Kemudian yang muncul adalah lebih menjaga privasi terhadap orang itu…

Gimana yah…

1 07 2010
fara

belajar ikhlas pak, kita pasti juga punya salah ke orang, dan pengen dimaafkan kesalahan kita. sayang banget, kalo kita ndak bisa masuk surga, hanya karena belum bisa ikhlas memaafkan kesalahan orang lain :

saya juga masih harus belajar banyak ikhlas πŸ™‚
mohon maaf yaa πŸ™‚

21 06 2010
ismi

maapin ismi ya bu fara… ^o^

12 07 2010
fara

iyaa mak ismi, dimaafkan πŸ™‚

23 06 2010
trisnok

mengucapkan kata “maaf” yang paling iklas adalah hal yang cukup sulit dilakukan setiap manusia, oleh karna itu marilah kita mulai belajar πŸ™‚

12 07 2010
fara

mari sama sama belajar, mas trisni πŸ™‚

23 06 2010
fety

benar lebih melegakan saat bisa memaafkan orang, walaupun bagi saya, saya harus berperang habis-habisan dengan diri sendiri untuk bisa tersenyum lagi dengan orang yang sudah menggoreskan luka.

12 07 2010
fara

memang menjalankannya lebih susah daripada cuma bilang atao share seperti ini,
tapi itulah gunanya, teman untuk saling mengingatkan supaya lebih kuat satu sama lain..
semangatt..!!

24 06 2010
Bibi Titi Teliti

Aku juga minta maaf kalo punya salah ama Fara yaaaa..*ikut ikutan :)*
Maksih udah diingatkan yaaa:)

12 07 2010
fara

iyaa sama sama teteh,,,,
saling mengingatkan πŸ™‚

24 06 2010
liza

semoga kita tidak termasuk ke dalam orang2 yang membuat hati orang lain sakit ataupun orang yang menyimpan dendam. sangat mencerahkan mbak fara

12 07 2010
fara

amin amin amin liza

25 06 2010
rizarahmi

Dulu, saat masih kecil, saya tertarik untuk memikirkan kenapa meminta maaf dan memaafkan itu digolongkan kepada sikap mulia dan wujud berani. Lalu, pikiran saya yang cetek waktu itu menyimpulkan begini:

Meminta maaf tidak mungkin dilakukan oleh seorang pengecut, karena orang pengecut tidak akan berani mengakui kesalahannya sendiri. Maka tindakan itu adalah tindakan berani. Dan itu jadi mulia karena orang yang benar-benar ingin minta maaf berarti orang yang sedang berusaha untuk membersihkan dirinya.

Lalu, memaafkan juga adalah tindakan berani karena orang yang memaafkan harus lebih dulu melawan egonya sendiri dan harus siap melupakan kesalahan-kesalahan orang yang meminta maaf. Seorang pengecut tidak mungkin bisa melakukan itu.

Saat saya besar dan melewati banyak hal, saya sadar bahwa kesimpulan pikiran cetek saya itu tidaklah buruk πŸ™‚

Well,
Salam kenal. Izin taut link ya. Saya suka postingan ini. Terutama karena membuat saya ingat akan pikiran cetek saya itu πŸ˜€

*lanjut blogwalking

12 07 2010
fara

waahh subhanallah, dari kecil sudah punya pikiran yang brilian kaya gitu..
semoga jadi selalu termotivasi sampai besar dan teraplikasikan πŸ˜€

25 06 2010
abizakii

Assalamu alaikum,

Salam kenal,

12 07 2010
fara

waalaykumsalam
salam kenal juga, abizaki πŸ™‚

28 06 2010
ok

maafkan aku ya…seandainya ada ucap yg tak termaafkan atau kurang berkunjung sekedar u/menyapa πŸ™‚

12 07 2010
fara

iya sama sama mbak OK,,,
insya allah, mohon maaf juga si saya πŸ™‚

3 07 2010
hmcahyo

saya minta maaf kesasar πŸ˜€

12 07 2010
fara

silahkan disini nyasar pada tempat yang benar πŸ™‚

8 07 2010
Anekakita.com

Maafkan saya kalo kurang berkenan… mau blogwalking aja kok πŸ™‚

http://www.anekakita.com
Anekakita.com Tempat Belanja Termurah dan Terpercaya, Toko Pakaian dan Aksesoris Online

12 07 2010
fara

silahkan silahkan πŸ™‚
blogwalking mumpung masih gratis disini πŸ™‚

10 07 2010
rainbroccoli

Minta maaf dan memaafkan ga mudah dilakukan dengan hati tulus..
Perlu jiwa besar untuk bisa melakukannya…

14 08 2010
fara

betulll sekali
sampai sekarang masih terus belajar belajar dan belajar

1 08 2010
isdiyanto

maaf ya . . . .

14 08 2010
fara

saya maafkan pak is πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: