Jamu Paitan

10 04 2010

Jamu. Kalau bicarain masalah tentang jamu sebenernya saya paling gimana gitu. Masalahnya dulu pernah waktu masih SMP kelas 1 apa ya, di training jamu sama ibu, dua bulan full bo’. Alkisah seperti ini kira kira percakapannya.

*

Settingnya waktu itu di rumah. Seinget saya waktu itu kulit kaki tuh sensitif banget, jadi kalo digigit nyamuk trus digaruk jadi berbekas. Kalo jatuh dikit langsung berbekas. Dan buanyak buanget tato alami di kaki saya

Ibu : “Heh, anak perawan, kakinya kok kaya narapidana penjara” (hiks hiks, shock dikatain narapidana sama ibu sendiri)

Saya : “Lhah gimana lagi bu, nyamuk ndek rumah banyak banget”

Ibu : “Yo wes, mulai besok minum jamu aja, biar cepet ilang bekas lukanya.”

Saya : “Enggih bu” (kan saya type anak yang nurut sama orang tua)

*

Besok nya, datang lah mbak jamu gendong yang sering lewat depan rumah. Mulailah training pertama saya. Segelas jamu berwarna hitam pekat, sebutannya paitan.

Kesan pertama, sebelum minum jamu paitan, hemmmppp, mungkin rasanya kaya kopi kali yaa, jamu kopi gitu mungkin.

Tegukan pertama minum jamu paitan. @#$%&*)l(. Howeeeekkk, erghhhhhh, pdhhttttt. Ga ada rasanya sama sekali kecuali paitttttttt semua di mulut, berasa sampai ke hidung sama telinga. Yang udah pernah minum paitan, taulah ya rasanya gimana.

Kalau kita minum obat, yang kerasa pait di lidah kan cuma bagian kecil obatnya aja. Kalau minum jamu paitan, kerasa pait disemua mulut, telinga, hidung, mata, semua mua kepala deh, haha lebay.

Dan itu jamu, saya minum selama dua bulan full, libur saat mbak jamunya ga lewat depan rumah aja. Kalau saya lagi pergi udah dibeliin ibu yang bungkusan, dan siap manis di meja menyambut kepulangan saya di rumah. hehehe ibu ndak bisa dibohongin, saya kalah ilmu waktu itu. Dan hari libur minum jamu adalah hari yang saya rasa, saat nya doa saya dijawab sama Allah, hehehe.

*

Terlepas benar atau tidak secara medis khasiat jamu paitan ndak saya teliti waktu itu. Memang si, sekarang kulit kaki sudah mulus ndak ada tatonya. Dan kalau sedang berjerawat, bekas jerawatnya cepet hilang, ndak sampai ninggalin bekas yang susah hilang gitu.

Dan sekarang dititahkan oleh ibu untuk kembali training minum jamu. Bukan paitan si jamunya, tapi tetep aja, jamu masih jadi alternatif ke sekian bagi saya. Dulu udah parno banget gitu si.

Saya : “Doakan anak mu ini bisa minum training jamu nya bu.” Lebay mode ON

*

Ini dibahas secara medis khasiat jamu dan kawan kawan: disini, disini, disini, dan disini.

Iklan

Aksi

Information

29 responses

10 04 2010
wawansri

h..h.h.hh.
bener ketawa aku saat baca tulisan ini….
bayangin betapa PAHIIITTTnya itu jamu….
kata wong jowo ” yen pait iku jamu… ”
brarti bener….
h.h.h..

10 04 2010
fara

iya bener pak,,,
yen pait iku jamu, baru faham saat udah minum paitan ^_^

10 04 2010
Nur Ali Muchtar

yah, gagal pertamaxxx. hikz

11 04 2010
fara

tenang pak, sebagai hiburannya saya hadiahkan jamu paitan… ^^

10 04 2010
Bee'J

jiaahh… anak penurut nih yee… samaaa doong… 😀
yang namanya jamu emang pait, kalo mao manis, minum jamunya di depan wajahku mba..

11 04 2010
fara

wahhh, pak BJ juga penurut toh *ndak percaya* hehehe
minum di dpn bapak,, boleh boleh… 🙂

10 04 2010
Afif logicprobe10

tapi gak trauma kan minum jamu paitan?hehe
kalau saya dulu juga banyak tatonya, karena ternyata sensitif ma ilalang yg bikin :)gatal )

11 04 2010
fara

sedikit mas,,,
tapi kan juga musti punya pikiran positif,,,
*pikiran positif datanglah* ^_^

10 04 2010
Asop

Jamu memang pahit…. >.<'

11 04 2010
fara

setujuuuuuuuu…!!!!!!!

10 04 2010
agnes sekar

Selamat ,malam Fara, sejak remaja sampai sekarang saya selalu minum jamu lho ! tapi jamu bukan sembarang jamu, yang saya minum jamunya martha tilaar coba adik lihat saya sepuluh tahun lebih muda dari umur sebenarnya, berkat rajin-rajin minum jamu. Kalau khasiatnya buanyak, selain menghilangkan stress juga menyehatkan badan, melangsingkan pinggang dan melancarkan pencernakan, minum jamu trus untuk menjaga stamina dan kesehatan, terima kasih postingannya, Sukses untuk anda.

Regards, agnes sekar

11 04 2010
fara

malam bu,
terimakasih sudah dolan kesini.
iya bu, gara2 dulu minta paitan rada ndak suka jamu, skg sdg mencoba suka lagi, kan bagus buat kesehatan gt. terima kasih buat sharing inspirasinya bu…

10 04 2010
hahn

selamat minum jamu 😀

11 04 2010
fara

hehehe jangan diselamati dulu >.<

11 04 2010
muhammad zakariah

jamu itu obat alami lho.. pahit tapi menyegarkan.. hmm.. jd teringat waktu kecil disuruh ibu minum jamu buyung upik ma beras kencur tiap pagi.. heheh.. 😀

11 04 2010
fara

hehehe,,,
alami tapi masih rada gimana gt pak,,,
baiklah akan coba suka lagi 😀

11 04 2010
mahesapandu

Jamu selalu pahit. Tapi selalu berbuah manis. Tubuh sehat tanpa efek samping
Sama dengan usaha dan kerja keras, berbuah sukses dan keberhasilan….

11 04 2010
fara

sippppp bentul, mas pandu ^_^

11 04 2010
jejak annas

dari lahir sampe gede, saya orang yang paling anti ama yang namanya obat dan jamu. tapi saya ogah sakit. hemmm repot juga ya

11 04 2010
fara

bener mas, saya juga rada ogah si sebenernya, tapi demi ni ^_^

11 04 2010
adizone23

jamu,,, rasanya pahit banget
jamu tuh rekomendasi ibu saya yang kebetulan suka minum jamu,, tapi kalo saya mah, gak suka.. mencium rasanya udah gimana gitu… paling banter mungkin habis setengah gelas aja.
tapi jamu tuh kan obat alami made in indonesia,, harus dilestarikan banget…

13 04 2010
fara

yup, bener pak adi musti dilestarikan,,
tapi ya itu,,,
mencoba suka minum jamu sekarang 🙂

14 04 2010
Nia

belum pernah nyoba yg namanya paitan, seringnya cuman beras kencur dan kunir asem, hehehe..

15 04 2010
fara

cobain mbak paitan…
trus ntar komen disini lagi,,,
gimana kesan nya ^_^

14 04 2010
isdiyanto

dulu waktu kecil minumnya beras jencur… sssuuuuueeegggggeeerrrr….

15 04 2010
fara

yup pak setujuhhh
beras kencur suegeeeerrrrr
di rumah malah sedia sinom buat sehari hari
lah tapi kalo PAITAN…… ^_^

26 04 2010
Goda-Gado

Dimaana-mana juga JAMU itu PAHIT !!!!

wes to, buruan nulis maneh..
rasah mikir2 kawin2 sik..
mesti bakal segera wayah kui.. !!

Mosok, blogger kalah karo persiapan nikah..
huft……

2 05 2010
fara

sing nikah ki sopo toh pakde,,,
bingung ki ga ada bahan buat nulis..
pengen nulis yang rada seriusan dikit.. wkwkwk 😀

19 12 2012
Bambang Sugiharto

Saya punya anak gadis 3, pada ngga suka jamu. Gimana caranya supaya mau nurut saran saya ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: