Sebuah cerita tentang NASA

27 01 2010

Hari itu saya pergi berangkat sekolah seperti biasanya. Berangkat pagi dengan sepeda Yamaha Alfa ’86 tercinta. Pun di sekolah juga berjalan normal seperti biasanya. Pelajaran sekolah, jam istirahat, makan di kantin menu nasi ayam plus milo dingin, lirak-lirik mas mas SKI yang sedang sholat dari lantai 2, ngobrol dengan Pak Jo petugas penjaga sekolah.

Bel pelajaran pulang

Iseng sebenernya, sudah kenyang juga perut. Tapi hari itu sepulang sekolah saya masih betah duduk di kantin sekolah. Sebagai seorang anak kelas satu SMA tentunya pergaulan masih seputar teman teman kelas satu dan senior yang ada di paskib. Ehmm, mas mas SKI itu terhitung dalam lingkaran pergaulan nggak ya, walaupun saya tidak pernah berkenalan langsung, cuma lirak lirik pas mereka sholat dhuha di mushola sekolah. Hehe.

Selesai ngobrol panjang lebar dengan ibu kantin. Pamit pulang. Dari kejauhan pamit pulang ke Pak Jo.

“Pakkkk leeekk, pamittt yoooo, pulang sekkkkk”, sambil melambaikan tangan di udara

“Yoooo, ati ati mbakkkk.”, mengangguk angguk

Mengeluarkan Alfa tercinta dari barisan parkir sepeda motor. Menuntun sampai barisan lapang di depan. Ambil posisi naik. Pencet double starter, oia lupa ndak ada double starternya. Kaki kanan siap siap starter engkol.

Starter. Jegggg gikkk kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik

Starter kedua kali. Jegggg gikkk kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik

Starter ketiga kali. Jegggg gikkk kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik

Sampai

Starter ke dua puluh tiga kali. Jegggg gikkk kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik kik

Ohhhhhh, alfa ku tercinta jangan mogok dong. Kan ga ada hujan ga ada banjir, kok mogok. Sedikit panik, keringat mengucur deras, jantung berdebar debar, kaki gemetar, halah lebay. Aslinya cuma bingung, ini motor diapain ya biar bisa jalan lagi. Maklum newbie di dunia permogokkan. Celingak celinguk kanan kiri. Wah Pak Jo kemana ni, kok ga ada di pos jaga nya.

Buka kap dudukan motor, apa ya istilahnya, cari cari obeng dan kawan kawan. Oh, iya, kan ga pernah punya ya, hahaha. Liat sekeliling parkiran, ada yang kenal ga ya. Celingak celinguk celingak celinguk. Eh, tahu tahu.

“Ehm, motor nya mogok ya..?”.

Identifying object. Object identified as Nasa. Nasa anak kelas 1F. Saya kelas 1B. Dari kelas 1A-D letak kelas nya di atas, kelas 1E dan F di bawah. Jadi secara lingkungan pergaulan belum pernah kenal sama Nasa.

“Ehm, motor nya mogok ya..?”.

“Iya mas, mogok ga tau cara benerin nya.”

“Sini tak bantuin”

Tanpa ba bi bu. Beliau jalan ke arah motornya. Ambil obeng dan teman teman dari kap dudukan motor beliau. Jalan lagi ke arah motor saya.

Buka tempat busi yang di bawah roda depan. Diutek utek pakai obeng. Ambil businya. Ganti arah ke samping motor. Sedikit utek utek bagian samping motor, nemu selang bensin, dikucurkan sedikit ke kepala busi, nutup selang bensin. Ambil korek dari saku, dibakar lah kepala busi itu.

“Ini busi nya udah ga bagus lagi. Ntar sampai rumah di ganti ya. Ini coba ta bakar biar panas. Mungkin bertahan hari ini aja. Jadi ntar jangan lupa langsung beli busi baru.”

Saya. Masih tertegun. “Eh, iya iya, nanti diganti.”. “Eh, Nasa makasih lho, ta beliin milo ya??”. “Udah ndak usah”. “Eh, beneran, besok ta traktir makan siang ndek kantin”. “Beneran ndak usah, ati ati aja ya di jalan, jangan lupa businya di ganti. Aku pamit dulu.”

Pufff. Tau tau Nasa ilang, masuk ke arah dalam sekolah, entah kemana. Sebenernya ada si, tapi saya nya aja yang ndak tahu Nasa pergi ke arah mana. Dan Nasa itu asli orang kok, bukan makhluk ghaib.

**********************************

Sebelumnya saya amat sangat tidak percaya dengan orang yang baru saya kenal. Selalu memandang orang baru dengan pandangan sinis, jutek, acuh, nggak mau tahu, dkk. Tapi Nasa, hari itu memberikan saya pelajaran hidup yang berharga.

Kita tidak perlu kenal untuk membantu seseorang. Tidak perlu satu daerah, tidak perlu satu agama, tidak perlu alasan lain untuk baik dan membantu seseorang. Pun kita tidak boleh memberikan judge negatif, sinis, angkuh, acuh, nggak mau tahu, kepada siapapun itu.

Dan saya sebagai orang yang dibantu oleh Nasa merasa sangat bersyukur, serta mendoakan hal-hal yang baik untuk beliau. Bukankah menjadi sebuah kebahagiaan sendiri, mampu membantu orang dan membuat orang itu tersenyum.

Jadi teruslah berbuat baik, jangan berhenti, yakinlah ALLAH SWT akan membalas itu semua.

**********************************

Untuk Nasa, anak kelas 1F, yang satu sekolah dengan saya, yang berada dimana sekarang saya juga ndak tahu. Saya cari di fs, fb, twitter, koprol, belum saya temukan.

Terima kasih ya, Nasa. Buat bantuan nya waktu itu, saya banyak belajar dari kamu. Saya selalu ingat wajahmu, habisnya kamu juga lumayan cakep sih. Satu kalimat sebelumnya, jangan dihiraukan ya. hehe.

Semoga bisa diambil hikmah dari cerita saya. Dan sama sama belajar untuk bisa terus berbuat baik kepada setiap orang, setiap saat, setiap waktu.

Iklan

Aksi

Information

12 responses

27 01 2010
galihsatria

Ah, baik sekali kak Nasa. Kok saya jadi inget tokoh Abdullah di KCB #1 yah….

27 01 2010
fara

iya bener mas galih, jadi inget Abdullah. ternyata memang orangnya baik dan ndak pamrih.
itu juga salah satu hal yang saya pelajari dari beliau 🙂

27 01 2010
bOnkzs

met kenal..:D
yup..setuju..jangan sungkan-sungkan buat menolong..
sungguh menyenangkan membantu orang..apalagi kalo ikhlas..rasanya pengen senyum sendiri gitu..hehe

27 01 2010
fara

salam kenal juga b0nkzs
sekarang juga rasanya senang bisa ikut bantu banyak orang, belajar dari pengalaman 🙂

27 01 2010
bOnkzs

tukeran link yuk..:D

28 01 2010
fara

@boonks, link nya sudah d tautkan 🙂

29 01 2010
mikes

dooohhh…..

4 02 2010
fara

loh loh loh, ada apa ini???
kenal dengan NASA….

3 02 2010
asri

halo nasa, dicariin mb fara nih kayaknya sih kangen 🙄

4 02 2010
fara

ahhh, asri jago sekali baca suara hati saya…
lhoh!!! 🙂

3 02 2010
Dian

kayanya tau ni Nasa yg mana…

Ooow jadi Nasa, bukan nya mas ketua SKI yg rajin sholat dhuha itu ya..
wkwkwkwkwkwk

4 02 2010
fara

ssssttttttttt….!!!!!!!!! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: